Kamis, 18 Desember 2014

4 hal Penting yang harus anda ketahui sebelum berbisnis


ide Bisnis

kalau kita ngomongin bisnis pasti segalanya jadi serius, maklum soalnya urusan duit, agak agak sensitif :P, mungkin bagi beberapa orang duit bukan lah faktor utama, tapi tetap saja, sekaya orang apa pun dia pasti kalau soal duit ceritanya sama aja kaya orang gak punya duit :P hehehe! cuma mungkin bedanya kalau orang yang berduit terus kita ngomongin bisnis, pasti mereka tertarik dan bertanya terus menerus, hal tersebut terjadi bisa karena dua alasan, yang pertama dia skeptis, karena pengalaman dia mengatakan bahwa bisnis itu gak semudah yang di bayangkan! tapi di satu sisi dia juga penasaran, kali aja dia bisa salah! (itu lah bedanya orang yang punya duit dengan yang tidak)

ok, back to lap top! sebelumnya dan kalau boleh jujur saya sudah menjalankan berbagai bisnis mulai A sampai Z dari modal kecil hingga modal besar! dan hampir semua bisnis yang saya jalankan mempunyai pola yang hampir sama, 11-12 lah satu dengan yang lainnya! contoh bisnis tiket pesawat , tau sendiri kan bisnis tersebut bisa dibilang sempat booming pada tahun 2011 dan bahkan sampai sekarang! hari gini gak keluar pulau gak pake pesawat, bijimana gitu gan :P masa naik kapal laut! bisa nyampe berhari hari dong! :D

logikanya bisnis tiket pesawat bisa dibilang sangat berpotensi, akan tetapi jika kita menjalankan bisnis tersebut bukan berarti kita bisa jadi milyarder baru :D mau tau alasan nya ? alasannya sederhana kok, bisnis tiket pesawat hampir sama seperti bisnis pulsa! permintaan tinggi tapi di satu sisi, persaingan juga tinggi! jadi serba salah! mau mainin harga pasti repot :P tapi beda cerita kalau kita melakukan bisnis online! seperti ngeblog dan sebagainya! saingan ada tapi gak terlalu banyak, dan juga bisnis tersebut potensinya bisa terbilang sangat tinggi! dengan kata lain bisnis yang menguntungkan bukan lah bisnis yang memilki permintaan tinggi, akan tetapi lebih kepada bisnis yang mempunyai tingkat kesulitan tinggi! semakin susah bisnis tersebut maka semakin berpotensi itu! kalau ente masih belum paham tentang bisnis silahkan baca arti Bisnis di Wiki
atau jika anda sedang mencari Ide Bisnis silahkan baca Artikel Ini "32 Ide Bisnis modal kecil yang harus anda ketahui "

Ok, kita lanjut ke laptop! Jika ente ingin melakukan bisnis ada baiknya untuk melakukan beberapa metode sederhana, seperti Riset dan penelitian, Strategi Marketing dan pemasaran, Beradaptasi dengan keadaan, dan yang terakhira dalah memperbesar bisnis. Riset dan penelitian sangatlah penting dan sangat menentukan apakah bisnis anda berhasil atau tidak! karena trik bisnis sukses pada dasarnya ada di langkah awal! yaitu pemilihan bisnis yang tepat! sebagai contoh, jika kita asal asalan memilih bisnis, seperti pulsa, tiket pesawat, jualan beras dan lain sebagainya! bisnis anda bisa saja maju, tapi tidak akan sebesar yang anda harapkan! alasannya cukup sederhana, karena persaingan nya sudah sangat besar! terkecuali modal ente memang benar benar sangat besar!

Marketing Promosi atau pemasaran, langkah ini sangatlah penting 50% faktor kesuksesan di tunjang dari sisi promosi dan pemasaran tentu saja selama pemilihan bisnis di awal perjalanan sudah tepat! marketing beda dengan produksi, dimana faktor produksi dapat dihitung dengan mudah dan pasti! akan tetapi jika kita berbicara pada faktor keberhasilan pemasaran pasti akan berpatokan pada pemahaman yang mendalam! karena marketing bukan lah ilmu pasti, akan tetapi ilmu sosial!contohnya, kita punya produk A, lalu mempromosikan produk tersebut ke 100 orang! ternyata dari 100 orang yang kita tawarkan ada 10 orang yang membeli produk kita! akan tetapi bukan berarti jika kita promosikan ke 1000 orang maka produk kita akan terjual 100 atau 10% dari total promosi! atau biasa di sebut dengan konversi!

jika penerapan marketing semudah itu! pastinya semua orang akan beralih profesi pada bidang marketing :P tapi pada kenyataannya, tidak semua orang suka dengan marketing atau sales :D betul tidak? dengan kata lain marketing dan penjualan tidak lah semudah dan yang kita bayangkan! akan tetapi tetap saja, jumlah jangkauan adalah salah satu faktor penting dalam kesuksesan sebuah promosi! artinya semakin banyak promosi maka semakin banyak pula produk yang akan terjual.

Hal yang tidak kalah penting adalah adaptasi , hal ini sangat penting karena setiap hari persaingan bisnis pasti akan muncul, dan pastinya mereka mempunyai ide ide yang lebih kreatif dibanding sebelumnya, meski pun tidak semua! tapi yang pasti para pelaku bisnis harus beradaptasi, karena kalau tidak mereka akan bernasib seperti dinosaurus ! besar tapi punah ;)

yang terkahir adalah memperbesar skala! awal sebuah bisnis pasti kecil! tidak mungkin besar, meski pun untuk beberapa kasus ada beberapa orang yang langsung memulai besar, tapi secara over all, bisnis harus berawal dari kecil terlebih dahulu! bisnis dimulai besar pun biasanya patungan atau group konglomerat! jadi hal tersebut di hitung sebagai mulai dari kecil! trik dalam bisnis adalah memperbesar! artinya bisnis yang baik itu adalah bisnis kecil yang bisa diperbesar! karena kalau tidak bisnis yang anda pilih akan di situ-situ saja!

saya rasa  4 hal penting dalam bisnis sudah lebih dari cukup saya harap tulisan yang saya buat bisa bermanfaat dalam perjalanan bisnis anda :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar